Cara Mengatasi Speaker Hp Kemasukan Air

0
(0)

Speaker Hp Kemasukan Air – Kini, smartphone menjadi bagian dari kehidupan manusia yang tidak bisa dipisahkan. Hal ini lantaran segala pusat informasi serta kegiatan dilakukan melalui gadget. Namun bagaimana jika speaker di handphone kesayangan tidak bisa berbunyi karena ada air yang masuk? Tentunya anda akan merasa panik, bukan? Untuk itu, perhatikan cara mengatasi speaker Hp kemasukan air berikut.

Cara Mengatasi Speaker Hp Kemasukan Air

  1. Memeriksa Pengaturan Volume

Hal pertama yang harus dilakukan ketika speaker handphone tidak berbunyi yakni memeriksa pengaturan volume terlebih dahulu. Biasanya cek volume ini bisa dilakukan dengan membuka setting atau pengaturan yang ada di dalam handphone. Kemudian pilih menu “Suara & Getaran”, atur volumenya hingga maksimal untuk memastikan apakah masih normal atau tidak.

  1. Memeriksa Suara dengan Kode Test Speaker

Jika hal pertama masih belum berhasil, cobalah dengan memeriksa suara menggunakan kode test speaker atau lebih tepatnya kode informasi hardware. Bisa dikatakan jika cara satu ini sangat akurat untuk mengetahui apakah speaker handphone masih berfungsi atau sudah rusak. Pasalnya, dengan kode tes satu ini akan memaksa agar speaker menyala sebagaimana mestinya.

  1. Membersihkan Speaker

Speaker handphone yang telah dimasuki air, biasanya akan kotor dan mengakibatkan bunyi yang berisik. Cara mengatasi speaker hp kemasukan air yakni dengan membersihkan komponen speaker menggunakan kapas. Pertama tama, buka penutup belakang atau casing handphone bila pengeras suara atau speaker berada di belakang.

Namun beda lagi dengan smartphone yang gunakan baterai tanam, yang mana tidak memungkinkan untuk melepas casingnya. Untuk itu, cobalah anda mencari media berukuran kecil seperti jarum atau peniti. Selanjutnya lilitkan kapas pada ujung jarum atau peniti tersebut. Padatkan atau keraskan kapas tersebut agar tidak mudah jatuh jika dimasukkan ke dalam lubang speaker.

  1. Keringkan Speaker Handphone

Setelah dibersihkan menggunakan kapas, berikutnya yakni mengeringkan speaker yang basah. Proses pengeringan ini bisa menggunakan beberapa media, seperti kipas angin atau hairdryer. Kipas angin kerap dijadikan media alternatif untuk mengeringkan speaker, lantaran hembusan anginnya yang cukup kencang. Caranya yakni gantungkan hp tepat di depan kipas angin atau diletakkan di atas meja.

Hairdryer atau pengering rambut pun mampu menghilangkan embun yang masih melekat di dalam speaker handphone. Adapun caranya yang harus dilakukan cukup sederhana dan terbilang cepat. Hembuskan udara panas yang dihasilkan oleh hairdryer ke lubang speaker sebagai cara mengatasi speaker hp kemasukan air. Upayakan tidak melakukan dalam waktu yang lama.

Speaker dalam handphone sangat berperan sangat penting bagi para penggunanya. Yang mana dengan alat ini, pengguna bisa mendengar berbagai macam suara yang diinginkan melalui layar gawai kesayangannya. Maka dari itu, jika speaker rusak lantaran kemasukan air tentu akan menjadi momok menakutkan. Bila hal ini terjadi, terapkan beberapa cara pencegahan yang telah dijelaskan diatas.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Caleb Beyers
Latest posts by Caleb Beyers (see all)

Leave a Comment


Selamat Datang di Calebbeyers.com