Cara Mengatasi Android Restart Sendiri

Android restart sendiri, apakah Anda tengah mengalami hal ini? Tak perlu khawatir sebab ada cukup banyak pengguna Android lainnya yang mengalami hal serupa. Menurut kami, hal ini memang cukup mengganggu. Terlebih saat tengah mencatat suatu hal yang penting. Lalu apakah penyebab hal ini dan bagaimana solusinya? Berikut kami bahas untuk Anda.

Penyebab Android Restart Sendiri

Bagi yang belum tahu, ada beberapa penyebab yang membuat smartphone android bisa restart sendiri. Berikut beberapa penyebabnya :

  • Bug system

Bug ini berarti terdapat kerusakan. Contohnya karena gagal update atau mungkin karena instalasi suatu aplikasi.

  • System crash

Seperti bug, akan tetapi crash dapat terjadi karena hal yang tak diketahui.

  • RAM penuh

RAM merupakan memori sementara dari program atau aplikasi yang tengah dijalankan. Bila penuh tentu menimbulkan gangguan kinerja sistem, hingga membuat smartphone Android Anda restart sendiri.

  • Memori internal yang penuh

Memori internal penuh membuat sistem melambat dan juga bisa menimbulkan system crash.

  • Smartphone Android terlalu panas

Saat digunakan tentu smartphone akan menjadi panas. Smartphone sebenarnya memiliki batasan tersendiri, dimana bila terlampaui maka membuat smartphone restart sendiri.

Secara umum penyebabnya hanya itu saja. Bukankah tak terlalu banyak?

Solusi Android Restart Sendiri

Mengenai solusinya, Anda hanya perlu fokus pada beberapa penyebabnya. Tak paham? Tak perlu khawatir, berikut kami rangkum beberapa cara yang dapat Anda lakukan, termasuk diantaranya pada kemungkinan penyebab yang lainnya.

  1. Sejenak mematikan smartphone Android

Seperti yang telah disampaikan, masing-masing smartphone mempunyai limitasi suhu komponen. Saat smartphone Android terlalu panas dan melampaui suhu itu, maka secara otomatis sistem akan melakukan restart yang bertujuan agar komponen di dalamnya tak mengalami kerusakan akibat dari overheat.

  • Mengaktifkan aplikasi sistem yang ada pada posisi disable

Pada smartphone Android, aplikasi terbagi menjadi 2 kategori, yaitu aplikasi sistem dan aplikasi yang diinstal sendiri dengan download di Playstore. Terkadang ada aplikasi sistem yang di-disable secara tak sengaja, lalu membuat smartphone Android restart sendiri. Anda dapat mengeceknya pada menu setting smartphone.

  • Mengupdate sistem smartphone Android

Untuk beberapa waktu sekali (umumnya 1 bulan), vendor akan merilis update keamanan sistem dan perbaikan bug. Anda dapat melakukan update sistem, bila memang sejak awal smartphone Android kerap restart sendiri.

  • Reset smartphone Android Anda

Bila sistem tak stabil atau kerap mengalami crash, maka cukup sulit untuk diatasi. Oleh sebab itu kami merekomendasikan untuk melakukan factory reset pada smartphone Android agar data sistem dapat dikembalikan seperti saat pertama kali membeli. Jangan lupa backup supaya Anda tak kehilangan data penting.

  • Wipe Cache Partition dan Dalvik Cache

Cache merupakan file sistem yang terus muncul seiring penggunaan smartphone. Cache berfungsi sebagai penyimpanan konfigurasi atau lebih mudahnya “mengingat” berbagai hal di sistem agar dapat diakses dengan lebih cepat.

Walau bisa mempercepat kinerja, terkadang file cache juga menimbulkan error secara berkelanjutan hingga smartphone kerap restart sendiri.

  • Mengganti baterai

Bila smartphone Android Anda telah digunakan cukup lama, Anda perlu untuk mempertimbangkan penggantian baterai. Hal ini karena semakin lama smartphone Android digunakan, maka kinerja baterai pun semakin menurun. Selain restart sendiri, kerusakan baterai bahkan bisa membuat smartphone Android mati total.

  • Cek aplikasi terakhir yang diinstall

Bila smartphone Android restart sendiri namun belum lama ini, mungkin saja ada suatu aplikasi yang menjadi penyebabnya, terutama aplikasi yang berkaitan dengan sistem seperti aplikasi cleaner dan semacamnya.

Caleb Beyers
Latest posts by Caleb Beyers (see all)

Leave a Comment