Cara Mengatasi Android Kemasukan Air

0
(0)

Entah seperti apa kehebatan kita dalam menjaga smartphone Android kesayangan, terkadang tetap ada hal yang tak dapat dihindari. Misalnya saja smartphone Android kemasukan air, kehujanan, jatuh ke wastafel, atau bahkan terlempar ke kolam. Untuk mengatasi smartphone kemasukan air juga cukup mudah. Bila hal ini terjadi maka Anda tak perlu panik.

Mencegah Android Kemasukan Air

Untuk mencegah smartphone Android agar tak kemasukan air tentunya Anda perlu untuk lebih berhati-hati dalam penggunaan sehari-hari. Nah bila smartphone Android kesayangan Anda terlanjur kemasukan air maka Anda masih bisa menyelamatkannya dengan mengikuti beberapa solusi yang akan kami sampaikan berikut ini.

Solusi Mengatasi Android Kemasukan Air

Berikut ada beberapa solusi dalam mengatasi masalah smartphone android yang kemasukan air.

  1. Segera mematikan smartphone

Ketika mengalami smartphone Android kesayangan terkena air maka segera matikan lalu lepas baterai smartphone. Lepas juga sd card, sim card dan apapun yang terpasang sebab saat kondisi terkena air atau basah, komponen pada smartphone Android bisa mengalami konslet atau mungkin terbakar.

Dengan memutus daya smartphone, Anda pun dapat mencegah kerusakan untuk menyebar. Bila sudah dilepas maka jangan terburu-buru untuk kembali menyalakannya. Ikuti langkah-langkah berikutnya untuk penanganannya.

  • Membuka casing smartphone

Setelah Anda mematikan smartphone, buka casing dan semua aliran udara. Jangan sekali-kali mencoba melepas sekrup atau semua komponennya sebab smartphone mempunyai Liquid Damage Indicator yang dapat menghilangkan garansi bila terusik.

Anda pun dapat menggoyang-goyangkan smartphone agar air yang ada bisa keluar. Akan tetapi Anda harus tetap berhati-hati, bila Anda salah dalam menggoyangkannya, air justru bisa masuk ke bagian dalam dan semakin memperburuk kondisi smartphone Android kemasukan air.

  • Melepas baterai, sd card dan sim card

Untuk bisa mengurangi resiko korsleting maka segera lepas baterai, sd card dan sim card. Dengan melakukan hal ini maka smartphone Android Anda akan terhindar dari resiko korslet karena adanya air yang masuk ke bagian dalam.

  • Gunakan kain yang bisa menyerap air

Selain mengeluarkan air dengan menggoyang-goyangkannya, Anda pun dapat mengeringkannya dengan menempelkan kain pada bagian yang basah. Anda sebaiknya tak melakukannya dengan cara menggosok sebab bisa membuat air berpindah-pindah.

  • Gunakan vaccum cleaner untuk menyedot air

Salah satu cara terbaik mengeluarkan air pada smartphone Android yaitu dengan menggunakan vaccum cleaner. Jangan memanaskan atau meniupnya dengan hair dryer sebab bisa merusak komponen di dalamnya. Sebelum Anda menggunakan vaccum cleaner, pastikan tak ada lagi benda-benda kecil seperti baterai, sd card, ataupun sim card.

  • Gunakan ziplock dan isi dengan silica gel atau beras

Cara lainnya untuk bisa mengeringkan atau menyerap air pada smartphone Android yang basah yaitu dengan menggunakan ziplock yang diisi silica gel atau beras.

Kedua jenis bahan itu mempunyai kemampuan untuk mengurangi kelembapan. Masukkan silica gel ataupun beras kering pada ziplock dan benamkan smartphone yang basah ke dalamnya. Biarkan selama 2 hari dan jangan sekalipun tergoda untuk kembali menyalakannya hingga benar-benar kering.

  • Cek kembali setelah 2 hari

Setelah 2 hari berlalu, keluarkan smartphone Android dari ziplock lalu bersihkan. Cek kembali layar smartphone Android kesayangan Anda. Bila masih ditemukan uap air, masukkan kembali pada ziplock. Jika sudah sepenuhnya kering, coba pasang baterai pada smartphone dan hidupkan.

Jika tak menyala, maka Anda mungkin perlu melakukan pengisian daya. Bila baterai tak terisi, ada kemungkinan terdapat kerusakan baterai. Gunakan baterai lainnya atau bawa smartphone Android kemasukan air itu ke tukang service.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Caleb Beyers
Latest posts by Caleb Beyers (see all)

Leave a Comment


Selamat Datang di Calebbeyers.com